Transmisi otomatis merupakan pengembangan dari transmisi manual yang terlebih dulu digunakan pada mobil-mobil jaman dulu.
Pada transmisi otomatis, perubahan gigi tergantung pada kecepatan kendaraan, sehingga membebaskan pengemudi dari mengganti gigi secara manual.
Karena kemudahan inilah mobil bertransmisi otomatis makin banyak digunakan.
Transmisi otomatis juga akan membebaskan kaki dari terlalu sering menekan kopling di jalanan yang macet.
Karena popularitas transmisi otomatis yang meningkat dari hari ke hari, banyak pabrikan mobil raksasa yang hanya mengeluarkan versi otomatis di lini produksinya.
Sistem transmisi otomatis dapat dianggap sebagai salah satu bagian paling kompleks dari mesin mobil.
Itu sebab, sejumlah peringatan yang berhubungan dengan transmisi otomatis perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah:
1. Kebocoran
Jika anda melihat genangan minyak berwarna merah muda di bawah mobil itu bisa jadi pertanda adanya keboboran.
Kebocoran transmisi tidak selalu disebabkan hal yang rumit. Beberapa tipe kebocoran bisa diperbaiki dengan mudah, sedangkan yang lain perlu penanganan mekanik yang berpengalaman.
Jika tidak yakin akan penyebab kebocoran, bawa segera mobil ke bengkel yang Anda percaya.
2. Mobil bergetar
Mobil kadang terasa bergetar apalagi bila sedang dipacu dalam kecepatan tinggi.
Hal ini mungkin disebabkan tune mesin yang kurang bagus atau bisa pula karena ada masalah pada transmisi.
Cara terbaik untuk mengetahui asal masalah adalah dengan membawanya ke mekanik untuk memeriksanya.
3. Sulit mengganti posisi transmisi
Bila Anda mengalami kesulitan saat hendak mengganti posisi gigi saat gigi berada pada posisi “D” atau “R”, ini bisa menjadi salah satu indikasi adanya kerusakan pada transmisi.
Masalah mungkin disebabkan minyak atau pelumas gearbox yang sudah mulai berkurang atau adanya bagian-bagian yang perlu disetel ulang.
4. Bau terbakar
Jika Anda mencium bau hangus, mungkin transmisi mobil terlalu panas atau oli transmisi bocor ke knalpot. Kondisi ini membutuhkan perbaikan segera dari montir.[]
Kamis, 09 Juni 2011
piston
Piston adalah sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidrolik, pneumatik, dan silinder pompa.
Tujuan piston dalam silinder adalah:
* Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).
* Membuka-tutup jalur aliran.
* Kombinasi dari hal di atas.
Dengan fungsi tersebut, maka piston harus terpasang dengan rapat dalam silinder. Satu atau beberapa ring (cincin) dipasang pada piston agar sangat rapat dengan silinder. Pada silinder dengan temperatur kerja menengah ke atas, bahan ring terbuat dari logam, disebut dengan ring piston (piston ring). Sedangkan pada silinder dengan temperatur kerja rendah, umumnya bahan ring terbuat dari karet, disebut dengan ring sil (seal ring).
[sunting] Piston mesin
Piston dengan 2 ring kompresi dan 1 ring oli, waktu dikeluarkan dari silinder mesin
Piston pada mesin juga dikenal dengan istilah torak adalah bagian (parts) dari mesin pembakaran dalam yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar. Piston terhubung ke poros engkol (crankshaft,) melalui setang piston (connecting rod). Material piston umumnya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan tekanan, misal aluminium yang sudah dicampur bahan tertentu (aluminium alloy).
[sunting] Ring piston
Ring piston memiliki dua tipe, ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun mengakibatkan performa mesin menurun. Ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada mesin empat tak karena pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping.
Icon-gears.png Artikel bertopik teknologi ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.
Tujuan piston dalam silinder adalah:
* Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).
* Membuka-tutup jalur aliran.
* Kombinasi dari hal di atas.
Dengan fungsi tersebut, maka piston harus terpasang dengan rapat dalam silinder. Satu atau beberapa ring (cincin) dipasang pada piston agar sangat rapat dengan silinder. Pada silinder dengan temperatur kerja menengah ke atas, bahan ring terbuat dari logam, disebut dengan ring piston (piston ring). Sedangkan pada silinder dengan temperatur kerja rendah, umumnya bahan ring terbuat dari karet, disebut dengan ring sil (seal ring).
[sunting] Piston mesin
Piston dengan 2 ring kompresi dan 1 ring oli, waktu dikeluarkan dari silinder mesin
Piston pada mesin juga dikenal dengan istilah torak adalah bagian (parts) dari mesin pembakaran dalam yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar. Piston terhubung ke poros engkol (crankshaft,) melalui setang piston (connecting rod). Material piston umumnya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan tekanan, misal aluminium yang sudah dicampur bahan tertentu (aluminium alloy).
[sunting] Ring piston
Ring piston memiliki dua tipe, ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun mengakibatkan performa mesin menurun. Ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada mesin empat tak karena pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping.
Icon-gears.png Artikel bertopik teknologi ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.
ciri-ciri motor 2 tak
Ciri-ciri motor 2 takt:
-Tidak ada katup
-Knalpot terletak pada silinder blok
-Berasap tebal
-Menggunakan oli samping
-Terdapat ruang Pembilasan
Ciri-ciri motor 4 takt:
-Menggunakan katup
-Knalpot terletak pada silinder cop
-Asap tipis
-Bahan bakar tidak bercampur oli
-Tidak terdapat ruang bilas
-Tidak ada katup
-Knalpot terletak pada silinder blok
-Berasap tebal
-Menggunakan oli samping
-Terdapat ruang Pembilasan
Ciri-ciri motor 4 takt:
-Menggunakan katup
-Knalpot terletak pada silinder cop
-Asap tipis
-Bahan bakar tidak bercampur oli
-Tidak terdapat ruang bilas
kepala cilynder
Kepala Silinder
Kepala silinder berfungsi sebagai penutup silinder dan sebagai bagian dari ruang bakar.pada kepala silinder terdapat:
-saluran masuk campuran bahan bakar & udara/katup masuk
- saluran keluar sisa pembakaran/katup buang
-Lengan pengungkit & porosnya
-tempat busi(pada motor bensin)
Kerusakan-kerusakan pada kepala silinder:
-Permukaan kepala silinder tidak rata
Akibatnya:kompresi bocor
Perbaikan:-amplas permukaan silinder cop sampai rata
-ganti silinder cop
-Dudukan katup rusak
Akibatnya:kompresi bocor
Perbaikannya:-Skur klep/katup
-Ganti dudukan katup
-Baut & mur kendor
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Kencangkan mur & baut
-Baut &mur kendor
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Ganti mur &baut
-Silinder cop retak
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Silinder cop di las
-Ganti silinder cop
_Lubang busi dol
Akibatnya:Bocor kompresi
Perbaikannya:Lubang busi diverbus
-Paking silinder cop rusak
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:ganti packing silinder cop
-Ruang bakar kotor
Akibatnya:mesin cepat panas & suara kasar
Perbaikannya:Bersihkan ruang bakar
-Dudukan noken as aus
Akibatnya:Suara kasar dari silinder cop
Perbaikan:Silinder cop diverbus
-Dudukan as timlar aus
Akibatnya:suara kasar dari arah katup
Perbaikannya:Dudukan as diverbus
Kepala silinder berfungsi sebagai penutup silinder dan sebagai bagian dari ruang bakar.pada kepala silinder terdapat:
-saluran masuk campuran bahan bakar & udara/katup masuk
- saluran keluar sisa pembakaran/katup buang
-Lengan pengungkit & porosnya
-tempat busi(pada motor bensin)
Kerusakan-kerusakan pada kepala silinder:
-Permukaan kepala silinder tidak rata
Akibatnya:kompresi bocor
Perbaikan:-amplas permukaan silinder cop sampai rata
-ganti silinder cop
-Dudukan katup rusak
Akibatnya:kompresi bocor
Perbaikannya:-Skur klep/katup
-Ganti dudukan katup
-Baut & mur kendor
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Kencangkan mur & baut
-Baut &mur kendor
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Ganti mur &baut
-Silinder cop retak
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:-Silinder cop di las
-Ganti silinder cop
_Lubang busi dol
Akibatnya:Bocor kompresi
Perbaikannya:Lubang busi diverbus
-Paking silinder cop rusak
Akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:ganti packing silinder cop
-Ruang bakar kotor
Akibatnya:mesin cepat panas & suara kasar
Perbaikannya:Bersihkan ruang bakar
-Dudukan noken as aus
Akibatnya:Suara kasar dari silinder cop
Perbaikan:Silinder cop diverbus
-Dudukan as timlar aus
Akibatnya:suara kasar dari arah katup
Perbaikannya:Dudukan as diverbus
cilynder blok
Silinder Blok
Silinder blok berfungsi sebagai ruang bakar & tempat bergerak piston dimana piston mengubah energi panas menjadi energi gerak.Pada mesin yang sistem pendinginannya tidak menggunakan radiator,pada silinder bloknya terdapat sirip-sirip pendingin.gunanya untuk menyebarkan panas dari dalam keluar,sehingga suhu mesin tidak cepat panas.
Kerusakan pada silinder Blok:
-Silinder blok aus
akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:silinder blok di oversise,untuk over sise sudah ada standart ukurannya:0,25;0,50;0,75;dan 1mm.Bila ukuran oversise sudah mencapai 1mm maka silinder blok harus diverbus (diganti silindernya)
-Sirip pendingin banyak yang patah
akibatnya:mesin cepat panas
Perbaikannya:Ganti silinder blok.
-Ruang bakar banyak arangnya/kotor
akibatnya:mesin cepat panas & tenaga motor kurang
Perbaikannya:bersihkan ruang bakar
-Dinding silinder retak
akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:ganti silinder blok.
-Packing silinder blok rusak
akibatnya:oli bocor & boros
Perbaikannya:ganti packing silinder blok.
Silinder blok berfungsi sebagai ruang bakar & tempat bergerak piston dimana piston mengubah energi panas menjadi energi gerak.Pada mesin yang sistem pendinginannya tidak menggunakan radiator,pada silinder bloknya terdapat sirip-sirip pendingin.gunanya untuk menyebarkan panas dari dalam keluar,sehingga suhu mesin tidak cepat panas.
Kerusakan pada silinder Blok:
-Silinder blok aus
akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:silinder blok di oversise,untuk over sise sudah ada standart ukurannya:0,25;0,50;0,75;dan 1mm.Bila ukuran oversise sudah mencapai 1mm maka silinder blok harus diverbus (diganti silindernya)
-Sirip pendingin banyak yang patah
akibatnya:mesin cepat panas
Perbaikannya:Ganti silinder blok.
-Ruang bakar banyak arangnya/kotor
akibatnya:mesin cepat panas & tenaga motor kurang
Perbaikannya:bersihkan ruang bakar
-Dinding silinder retak
akibatnya:bocor kompresi
Perbaikannya:ganti silinder blok.
-Packing silinder blok rusak
akibatnya:oli bocor & boros
Perbaikannya:ganti packing silinder blok.
poros engkol
Poros Engkol
Poros engkol disebut juga sebagai roda gila.Karena gerakan piston yang naik turun pada saat mesin hidup roda gila berputar.Fungsi roda gila adalah mengubah gerakan piston yang naik turun menjadi putaran.Karena putaran roda gila itu digunakan untuk menggerakkan mobil,sepeda motor,dan berbagai macam peralatan lain yang membutuhkan mesin otomotif.Poros engkol juga berfungsi sebagai tempat batang piston,lahger krug as/poros engkol,rotor magnet,gigi timing pada motor 4 takt &tempat rotari valve pada motor 2 takt.
Kerusakan pada poros engkol/poros engkol:
-Poros engkol aus
akibatnya:suara mesin berisik dari arah krug as,mesin cepat panas
Perbaikannya:ganti krug as
-Pen krug as aus
akibatnya:suara motor berisik,mesin bisa macet.
Perbaikannya:ganti pen krug as
-Lahger krug as aus
akibatnya:suara mesin berisik,mesin macet
Perbaikannya:ganti lahger krug as
-Seal krug as aus/rusak
akibatnya:bocor kompresi ckarter
Perbaikannya:ganti seal krug as
Lubang spi generator aus
akibatnya:generator berputar tidak normal
Perbaikannya:lubang spi di las &di bubut.
-Drat ulir rotor rusak
akibatnya generator kendor,motor hidup tidak normal
Perbaikannya:perbaiki drat di tukang las/bubut
Poros engkol disebut juga sebagai roda gila.Karena gerakan piston yang naik turun pada saat mesin hidup roda gila berputar.Fungsi roda gila adalah mengubah gerakan piston yang naik turun menjadi putaran.Karena putaran roda gila itu digunakan untuk menggerakkan mobil,sepeda motor,dan berbagai macam peralatan lain yang membutuhkan mesin otomotif.Poros engkol juga berfungsi sebagai tempat batang piston,lahger krug as/poros engkol,rotor magnet,gigi timing pada motor 4 takt &tempat rotari valve pada motor 2 takt.
Kerusakan pada poros engkol/poros engkol:
-Poros engkol aus
akibatnya:suara mesin berisik dari arah krug as,mesin cepat panas
Perbaikannya:ganti krug as
-Pen krug as aus
akibatnya:suara motor berisik,mesin bisa macet.
Perbaikannya:ganti pen krug as
-Lahger krug as aus
akibatnya:suara mesin berisik,mesin macet
Perbaikannya:ganti lahger krug as
-Seal krug as aus/rusak
akibatnya:bocor kompresi ckarter
Perbaikannya:ganti seal krug as
Lubang spi generator aus
akibatnya:generator berputar tidak normal
Perbaikannya:lubang spi di las &di bubut.
-Drat ulir rotor rusak
akibatnya generator kendor,motor hidup tidak normal
Perbaikannya:perbaiki drat di tukang las/bubut
merpati burung
Burung Merpati Dibanderol Rp1,8 M
Hermanto
Jum'at, 14 Januari 2011 16:30 wib
0 33Email0
Yi Minna saat berada di kandang burung merpati (Foto: AP)
Yi Minna saat berada di kandang burung merpati (Foto: AP)
KERMT - Siapa yang mengira burung merpati bisa menjadi hasil yang menjanjikan untuk masa pensiun. Harganya bisa mencapai Rp1,8 miliar.
Seperti halnya Blue Prince, burung tersebut mencapai nilai USD205 ribu atau sekira Rp1,8 miliar. Nilai yang fantastis untuk membiakkan burung tersebut.
Bahkan baru-baru ini dua rumah lelang di Belgia melelang burung merpati balap yang nilainya memecahkan rekor, pembelinya berasal dari China.
"Mereka menginginkan burung merpati terbaik, memiliki burung merpati terbaik, dan mengembangbiakkan burung terbaik," ujar Stefan Roosen setelah para pembeli dari China berhasil memborong 218 kawanan burung merpati milik ayahnya dengan total nilai USD1,8 juta atau sekira Rp16 miliar. Burung tersebut tidak diperlombakan di China, karena kekhawatiran akan tersesat karena nilainya yang sangat mahal. Demikian kutip Associated Press, Jumat (14/1/2011).
Pada balapan burung merpati di Eropa, burung-burung tersebut dibawa dari sarangnya menelusuri jalan sepanjang seribu kilometer lalu dilepas. Perlombaannya ditentukan dengan burung mana yang kembali dengan cepat.
"Dengan tingkat perekonomian yang tinggi, balapan burung di China pun ikut berkembang," ujar Yi Minna, Penanggung Jawab di rumah lelang PiPa pigeon, yang mengatur penjualan.
"Hadiah yang diberikan dalam balapan burung itu pun terbilang sangat fantastis, nilainya mencapai miliaran. Hadiah uangnya mencapai USD1,31 juta (Rp11,8 miliar) di Shanghai, pemenangnya bisa mendapatkan setengahnya dari nilai tersebut," pungkasnya.(rhs)
Hermanto
Jum'at, 14 Januari 2011 16:30 wib
0 33Email0
Yi Minna saat berada di kandang burung merpati (Foto: AP)
Yi Minna saat berada di kandang burung merpati (Foto: AP)
KERMT - Siapa yang mengira burung merpati bisa menjadi hasil yang menjanjikan untuk masa pensiun. Harganya bisa mencapai Rp1,8 miliar.
Seperti halnya Blue Prince, burung tersebut mencapai nilai USD205 ribu atau sekira Rp1,8 miliar. Nilai yang fantastis untuk membiakkan burung tersebut.
Bahkan baru-baru ini dua rumah lelang di Belgia melelang burung merpati balap yang nilainya memecahkan rekor, pembelinya berasal dari China.
"Mereka menginginkan burung merpati terbaik, memiliki burung merpati terbaik, dan mengembangbiakkan burung terbaik," ujar Stefan Roosen setelah para pembeli dari China berhasil memborong 218 kawanan burung merpati milik ayahnya dengan total nilai USD1,8 juta atau sekira Rp16 miliar. Burung tersebut tidak diperlombakan di China, karena kekhawatiran akan tersesat karena nilainya yang sangat mahal. Demikian kutip Associated Press, Jumat (14/1/2011).
Pada balapan burung merpati di Eropa, burung-burung tersebut dibawa dari sarangnya menelusuri jalan sepanjang seribu kilometer lalu dilepas. Perlombaannya ditentukan dengan burung mana yang kembali dengan cepat.
"Dengan tingkat perekonomian yang tinggi, balapan burung di China pun ikut berkembang," ujar Yi Minna, Penanggung Jawab di rumah lelang PiPa pigeon, yang mengatur penjualan.
"Hadiah yang diberikan dalam balapan burung itu pun terbilang sangat fantastis, nilainya mencapai miliaran. Hadiah uangnya mencapai USD1,31 juta (Rp11,8 miliar) di Shanghai, pemenangnya bisa mendapatkan setengahnya dari nilai tersebut," pungkasnya.(rhs)
Langganan:
Postingan (Atom)